Rabu, 21 Oktober 2009

Ancaman Profesi IT

Ancaman Profesi IT

Jika kita melihat perkembangan dunia IT saat ini hampir semua negara didunia telah menggunakan teknologi komputerisasi, dunia IT ini yang disebut juga dengan dunia digitalisasi atau virtualisasi telah menjadi nyawa bagi semua masyarakat dunia.

Bagaimana tidak?

Hampir semua sektor sistem pemerintahan di setiap negara pun berbasis dengan komputerisasi guna meringankan pekerjaan pemerintah dalam menangani beberapa masalah, begitu juga dengan beberapa perusahaan terkemuka menerapkannya pula.

Menilik dari hal itu tentunya peluang profesi IT sangat terbuka lebar untuk dibutuhkan berbagai kepentingan diperusahaan maupun dipemerintahan. Profesi IT yang sangat dibutuhkan tentunya sangat banyak. Mulai dari programmer, sistem analys, database administrator dan masih banyak lagi.
Itu sedikit gambaran profesi IT yang akan di pasarkan dalam dunia kerja. Memang keliahatannya berat untuk menjadi seorang professional IT.
Belum lagi ditambah dengan ancaman yang akan mengancam seorang proffesional IT yaitu lulusan sarjana yang bukan berlatar belakang IT mengambil alih lahan pekerjaan mereka.
Hal ini disebabkan karena :
  1. Tidak berjalannya control dan pengawasan dari masyarakat
  2. Organisasi profesi tidak di lengkapi dng sarana dan mekanisme bagi masyarakat untuk menyampaikan keluhan.
  3. Rendahnya pengetahuan masyarakat mengenai substansi kode etik profesi, karena buruknya pelayanan sosialisasi dari pihak profesi itu sendiri.
  4. Belum terbentuknya kultur dan kesadaran dari para pengemban profesi IT untuk menjaga martabat luhur profesinya.
  5. tidak adanya kesadaran etis dan moralitas diantara para pengemban profesi IT untuk menjaga maratabat luhur profesinya.


    Tapi, tidak usah khawatir untuk para calon professional IT. Tetap masih ada peluang untuk menembus itu semua, memang tidak mudah tapi sebagai profesional IT harus tetap mengembangkan pengetahuan tentang IT agar membedakan seorang proffesional IT dengan yang bukan berlatar belakang IT.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar